<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://pemburudolar.online

Sorry for the inconvenienceā€¦

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
SHARE: Tinjauan Buku: Keliling Dunia Berkat Hobi Mendengarkan Radio

Sabtu, 15 September 2018

Tinjauan Buku: Keliling Dunia Berkat Hobi Mendengarkan Radio

Prakata
Kemajuan teknologi mutakhir tak pernah berhenti merubah dan memperkaya peradaban manusia. Perkembangan yang begitu pesat telah melahirkan sudut pandang, cara berifkir dan berkegiatan yang serba cepat, praktis dan semakin mudah. Bahkan banyak diantaranya telah berganti secara total dan permanen.
Lain halnya dengan radio, Sejak Thomas Alfa Edison, salah satu ilmuan dan pengusaha paling berpengaruh dalam sejarah berhasil menemukan phonograph di tahun 1877 hingga saat ini, radio memiliki tempat tersendiri di hati para penggunanya. Jasa dua ilmuan cerdas, Helmholtz Hertz dan James Clerk Maxwell, yang melakukan riset mengenai fenomena elektromagnetik terus dikembangkan dan mewarnai perjalanan sejarah panjang dunia telekomunikasi. Sejak mereka melakukan eskprimen tentang gejala elektromagnetik dan berhasil menemukan gelombang radio, maka peranan radio sangat penting dari masa ke masa.

Kecemerlangan Heinrich Hertz yang mampu melakukan pengiriman dan penerimaan gelombang radio pada tahun 1887 disusul oleh penemuan ilmuan bernama Guglielmo Marconi yang berhasil mengirimkan sinyal dan diterima oleh suatu alat penerima pada tahun 1901. Beliau mengirim sinyal berupa titik dan garis dari suatu pemancar menggunakan gelombang elektromagnetik. Dengan penemuan inilah, banyak yang menasbihkan Guglielmo Marconi sebagai penemu radio.

Generasi Saya
Luar biasa! Ungkapan ini pantas diberikan atas upaya keras dan sungguh-sungguh dari seorang pendengar radio sejati bernama RUDY HARTONO. Beliau adalah pendengar radio generasi saya. Mulai mendengarkan siaran radio (luar negeri) tidak berbeda dengan saya, 30 tahun yang lalu (Tahun 1998-1999). Bahkan dapat dikatakan dalam waktu yang bersamaan. Ketika itu, banyak hal mengenai radio yang telah kami diskusikan, yang pada intinya menyimpulkan bahwa mendengarkan radio bukan sekedar hobi, melainkan juga sebagai denyut kehidupan.
Ketika saya membentuk klub pendengar radio MAPEM Club (Media Persahabatan Monitor Club), beliau adalah pendukung yang sangat banyak memberikan kontribusi. Bahkan pada zaman dimana sarana masih sangat terbatas seperti mesin ketik dan alat cetak (komputer masih jarang), dengan susah payah beliau mengirimkan naskah-naskah yang sudah siap diperbanyak. Beliau yang menulis, mendesain, mengetik lalu mencetaknya baru kemudian dikirimkan ke Lombok untuk melengkapi Buletin Klub (ATENSI MAPEM Club). Sungguh beliau luar biasa gigih.
10 tahun terakhir ini, kegigihan itu masih terus dipertahankan. Sementara kegiatan saya terpecah dengan berbagai fokus akibat tuntutan kebutuhan. Alhamdulillah, Rudy Hartono terus semakin bergerak maju, sehingga dalam berbagai kesibukan pun sesama pendengar masih tetap berbagi informasi. Saya sangat beruntung karena masih menjadi salah satu dari pendengar radio yang berada pada komunitas ini.

My Radio My Life
Sekali lagi, Luar Biasa! Melalui perencanaan yang tidak terlalu panjang, akhirnya niat sejak awal untuk menerbitkan buku keradioan oleh Rudy Hartono terwujud jua. Bahkan sangat jauh spektakuler dari perkiraan saya sebelumnya.

Buku setebal 300 halaman ini berkisah tentang perjalanan Rudy Hartono sebagai pendengar radio. Menceritakan awal mula mengenal siaran bermodalkan radio pinjaman dan seterusnya sampai kesuksesan sekarang ini. Kehidupan yang banyak diilhami oleh hobi mendengarkan siaran radio ini telah mengantarnya mengunjungi 11 negara dalam 10 tahun terakhir ini. Kesempatan yang langka dan tidak banyak orang yang dapat melakukannya.
Masih semaraknya dunia pendengar radio di Indonesia juga tidak lepas dari jerih payahnya. Berbagai kegiatan pertemuan, baik antar sesama pendengar maupun antara pendengar dan penyiar radio dilakukannya bersama pecinta-pecinta siaran radio luar negeri yang jumlahnya semakin berkurang. Temu Keluarga Pendengar Radio (TKPR) diadakan secara rutin satu atau dua tahun sekali. TKPR ke-5 direncanakan pada tahun 2018 ini berlokasi di Batu-Malang.
Singkat kata, buku ini komplit mengulas perjalanan Rudy Hartono selama hampir 30 tahun mendengarkan siaran radio. Referensi dan sumber inspirasi bagi pendengar radio. Sayangnya, tulisan saya tentang Pengalaman Mengelola Klub Pendengar (MAPEM Club) belum sempat terkirim ketika buku ini diterbitkan. Namun bagaimana pun, terima kasih Mas Rudy Hartono yang telah membangkitkan kembali semangat DX di Indonesia.
Ayo dengar radio!  
 

Label: , ,

2 Komentar:

Pada 31 Oktober 2018 pukul 00.39 , Blogger Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

 
Pada 8 Desember 2018 pukul 22.10 , Blogger Yovi Mahendra mengatakan...

Hmm... ini Pak Rudy Hartono yang sekarang jadi penyiar NHK WORLD JAPAN kah?

 

Posting Komentar

Jangan segan untuk memberi kesan dan masukan disini. Budayakan kegemaran berbagi informasi berguna.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda